Sabtu, 10 April 2010

Hewan Hasil Perkawinan Silang (HYBRID)

•Hewan Hasil Perkawinan Silang (HYBRID)•
Perkawinan silang tidak hanya terjadi di dunia tumbuh-tumbuhan tapi juga di dunia hewan. Paling sering kita melihat persilangan ikan terutama ikan hias untuk menghasilkan ikan hias unggul atau udang varietas unggul untuk tujuan meningkatan produksi untuk konsumsi misalnya. Ternyata hewan hybird tidak hanya dihasilkan oleh proses "laboratorium" oleh para ahli tetapi juga terjadi dengan "tidak sengaja" di alam.

1. Zebroid = zebra + kuda
Spoiler for Zebroid:


Zebroid (disebut juga zebra mule atau zebrule) merupakan ketrurunan dari persilangan seekor zebra dengan jenis kuda lainnya: singkatnya inilah zebra hybird. Kebanyakan yang menjadi pejantannya adalah seekor zebra jantan.

Keturunan seekor keledai jantan dan seekor zebra betina yang disebut zebra hinny juga ada tapi jarang. Hewan-hewan zebroid telah dilahirkan sejak abad 19. Zebroid pada gambar di atas, namanya Eclyse, adalah salah satu zebroid yang tidak biasa karena warna tubuhnya.


2. Liger = Lion (Singa) + Tiger (Harimau)
Spoiler for Liger:

Liger adalah hewan hybird hasil kimpoi silang singa (panthera leo) jantan dan harimau (panthera tigris) betina. Sosok liger adalah seekor singa besar yang tubuhnya bergaris seperti layaknya harimau. Jenis ini merupakan yang keluarga kucing terbesar di dunia (untuk spesies murni, Harimau Siberian adalah yang terbesar).


Seperti halnya harimau, tetapi tidak seperti singa, liger gemar berenang di air. Jenis hybird lainnya, keturunan harimau jantan dan singa betina disebut Tigon.
Nih gan perbandingan antara mereka ber empat

3. Beefalo = Banteng (Buffalo) + Cow (Sapi)
Spoiler for Beefalo:
Apa jadinya jika seekor sapi dikimpoi-silangkan dengan seekor banteng? Beefalo merupakan hewan hybird yang dagingnya mempunyai lemak dan kolesterol lebih rendah dari daging sapi biasa.

Tidak banyak orang yang tahu, kecuali mungkin pernah memakannya, dan di beberapa toko daging di Seattle, Amerika ada yang menjualnya. "Rasa dagingnya lebih kaya, lebih renyah dan manis dari daging sapi biasa" ujar Mark Merril seorang peternak beefalo.
4. Cama = Unta (Camel) + Llama (Sejenis unta lainnya)
Spoiler for Cama:

Hasil kimpoi silang unta dengan ilama ini pertama dilahirkan tahun 1995. Cama tidak berpunuk dan memiliki kulit bulu halus yang panjang. Telinga hewan ini mempunyai panjang tengah-tengah antara unta dan ilama. Kaki-kakinya sangat kuat untuk bertahan di gurun pasir seperti layaknya unta.

5. Leopon = Leopard + Lion (Singa)
Spoiler for Leopon:

Leopon adalah hasil kimpoi silang antara leopard jantan dan singa betina. Kepalanya mirip singa sementara bagian tubuh lainnya mewarisi ciri leopard. Leopon pertama dilahirkan di Kolhapur, India tahun 1910.

6. Savannah = Serval (Sejenis Kucing Liar Afrika) + Kucing Rumahan
Spoiler for Savannah:

Kucing Savannah dlahrikan dari pasangan seekor kucing liar Afrika yang disebut Serval dan seekor kucing rumahanm, biasanya diambil dari jenis eksotis seperti kucing Bengal, Oriental Shorthair, Egyptian Mau, atau Serengeti. Keturunannya menghasilkan jenis kuncing piaraan rumah dengan ukuran tubuh yang besar.

7. Beruang Kutub Grizzly = Beruang Kutub (Polar Bear) + Beruang Cokelat (Brown Bear)
Spoiler for Kutub Grizzly:

Sering juga disebut beruang Grolar, jenis beruang hybird ini merupakan hasil kimpoi silang yang jarang baik antara hewan di kurungan maupun antara mereka yang hidup di alam liar. Tahun 2006 penampakan hasil hybird di alam ini dikonfirmasikan dengan test DNA dari seekor beruang yang bersosok aneh di Banks Island, Kanada.
Sejumlah beruang kutub hybird dinamakan sebagai Ursid hybird, sebuah istilah untuk hasil kimpoi silang dalam famili hewan Ursidae.

8. Toast of Botswana = Domba + Kambing
Spoiler for Toast of Botswana:
Sebuah kasus yang tidak biasa dari domba hybird dilaporkan oleh dokter-dokter hewan di Boswana tahun 2000. Hewan ini dilahirkan alami dari perkimpoian alam kambing betina dan domba jantan yang dibiakkan bersama.

Hasil persilangan ini menghasilkan jenis tengah di antara dua spesies induknya. Kulit luarnya kasar, kulit bagian dalamnya mengandung wool, kaki-kainya panjang seperti kambing, dan tubuhnya berat layaknya domba.

Meski tidak subur (infertile), hewan hybird ini memiliki libido yang tinggi, hingga kadang disebut Bemya (rapist). Biasanya pada umur 10 bulan akan dikebiri karena perilakunya yang mengganggu.
sumber

0 comments:

Posting Komentar