Jumat, 09 April 2010

Hewan yang Hidup tanpa Oksigen diTemukan untuk Pertama Kalinya

Hewan yang hidup tanpa oksigen telah ditemukan untuk pertama kalinya, jauh di bawah Laut Mediterania.

Berbagai jenis organisme bersel satu yang hidup anaerob, atau tanpa oksigen, ditemukan di masa lalu, biasanya dalam air atau dalam bawah tanah. Namun para peneliti tidak menemukan hewan multi-seluler atau metazoan yang melakukannya sampai sekarang - tabung cacing raksasa yang hidup dengan lubang hidrotermal, misalnya, mengandalkan oksigen terlarut.

Dalam dekade terakhir ini, peneliti Roberto Danovaro di Universitas Politeknik Marche di Ancona, Italia, dan rekan-rekannya melakukan tiga ekspedisi di lepas pantai selatan Yunani mencari tanda-tanda kehidupan pada sampel lumpur dari dalam, cekungan di hiper-asin Laut Mediterania lebih dari kedalaman 10.000 kaki (3.250 meter) . Cekungan ini dipenuhi anoksik, atau oksigen bebas.

Para peneliti hanya berharap melihat virus, bakteri dan mikroba lainnya. Tubuh hewan multi-selular sebelumnya telah ditemukan di sedimen ini, "tetapi diperkirakan telah tenggelam di sana dari atas, oksigen, air," jelas Danovaro.

Makhluk-makhluk ini, diukur kurang dari 1 milimeter, dikenal sebagai loriciferans. Mereka agak mirip ubur-ubur tumbuh dari sebuah shell kerucut.




http://www.livescience.com/animals/metazoan-loriciferans-ocean-100407.html

1 comments:

Catatan Cerita Digital mengatakan...

keren x hewannya .. siip lah .. oia, mw tukeran link tag ??
follow me juga sob ..

Posting Komentar

free counters