Jumat, 30 April 2010

Asal Usul Nama The BEATLES

Asal nama The Beatles


The beatles memang fenomenal didunia musik. Namun sebelum kaya sekarang ini ternyata mereka udah berkali-kali gonta-ganti nama.

Maret 1957
Grup band ini awal mulanya bernama “The Black Jacks”. Anggotanya adalah John Lennon dan teman sekolahnya, Pete Shotten. Nama “the Black Jacks” ini hanya digunakan seminggu saja, karena John lennon lalu mengubah nama band ini menjadi “The Quarry Men”, diambil dari nama sekolah mereka, Quarry Bank High.

Oktober 1958
The Quarry Men berganti nama menjadi “Johnny and the Moondogs.” Diawaki oleh John Lennon, Paul McCartney,George Harrison, Colin Hanton dan John Lowe.

April 1960
Nama band ini berubah menjadi “The Nerk Twins”

May 1960
Berubah lagi menjadi “The Beatals” dengan personil John, Paul, George dan teman john, Stuart Sutcliffe. Menurut John, nama The Beatals terinspirasi oleh nama band “The Crickets”. Ia ingin nama band yang terdengar seperti nama serangga namun juga memiliki unsur “beat” didalamnya. Setelah sadar bahwa nama baru band ini tidak begitu menjual, John mengganti nama lagi menjadi “The Silver Beetles”

Juni 1960
Nama “The Silver Beetles” berubah lagi menjadi “The Silver Beats”
Masih tidak membawa hoki, The Silver Beats lalu menjelma menjadi “The Beatles”
John sengaja mengganti salah satu huruf “e“ dengan “a” pada kata The beetles agar tidak mengandung arti “kumbang” namun ketika dilafalkan masih terdengar seperti “kumbang”

Juli 1960
The Beatles berganti nama lagi menjadi “The Silver Beatles”, namun konon pada waktu merancang desain poster untuk keperluan konser, Tulisan The Silver Beatles dirasa terlalu panjang sehingga tidak muat di kertas poster, makanya Kata Silver-nya dibuang sehingga jadilah “The Beatles”

1 comments:

musthofa-idris mengatakan...

meski aq gk terlalu suka ma lagunya the beatles, tp salut deh ma band tersebut. band no 1 sepanjang masa....

Posting Komentar

free counters